Desain Lemari Tanam Yang Dinamis

Lemari tanam bisa memecahkan masalah keterbatasan ruang. Posisinya yang di dalam dinding membuat lemari itu tidak terlihat memenuhi ruangan.
Dimana anda menyimpan pakaian? Kebanyakan orang menggunakan lemari, sebagai tempat penyimpanan, lemari harus bisa mengakomodir kebutuhan anda menyimpan pakaian dan barang-barang lainnya serta mengambilnya kembali bila dibutuhkan.
Namun kadang-kadang orang membuat lemari yang ukuranya kurang proporsional dengan ukuran ruangan. Alhasil, ruang tampak sempit dengan keberadaan lemari. Ini merupakan masalah klasik yang timbul pada rumah dengan lahan tidak terlalu luas. Lalu, lemari seperti apa yang pas untuk rumah di lahan yang terbatas seperti ini?

Perhatikan Desain
Untuk mengatasi keterbatasan ruang, sebaiknya desain lemari disesuaikan dengan luas ruangan. Salah satu bentuk lemari yanng bisa anda terapkan adalah lemari tanam yang bisa dibuat menempel langsung pada dinding kamar.
inilah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat lemari tanam.

Pertama ketinggian lemari sebaiknya dimaksimalkan hingga mencapai plafon. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas. mungkin anda harus mengorbankan kenyamanan karena anda sedikit sulit mengambil barang di rak paling atas. Namun jika dilihat dari efisiensi penyimpanan, lemari ini akan memuat barang yang lebih banyak. Untuk mengambil barang di rak atas, anda dapat menggunakan tangga lipat kecil.

Kedua pintu lemari sebaiknya dibuat sederhana dan mudah dibuka. Usahakan pintu lemari menggunakan model geser. Dengan model ini, ketika pintu lemari dibuka, ruang yang dibutuhkan agar pintu  bisa terbuka dengan penuh tidak terlalu banyak. Karena fungsi utama pintu lemari adalah untuk keamanan dan menjaga kebersihan barang yang disimpan di dalamnya, pintu lemari harus didesain kuat dan mudah dibuka. Gunakan engsel yang tepat sehingga pintu lancar dibuka.

Agar tidak terkesan masif, sebaiknya pintu lemari menggunakan kaca dengan rangka pintu dari bahan alumunium. Kaca pintu ini bisa dilapisi kaca film yang memiliki daya pantul tinggi sehingga kaca tersebut mirip cermin. Fungsi cermin di pintu lemari membuat kesan ruang di dalamnya menjadi luas. jika tidak mau dilapisi kaca film, anda bisa menggunakan kaca buram atau kaca es sehingga pakaian yang disimpai di dalamnya tidak terlalu terlihat.

Ketiga Perhatikan juga rak dalam lemari. Pastikan desain lemari bisa memuat pakaian, baik yang dilipat maupun yang digantung menggunakan hanger. Sediakan rak kecil untuk menyimpan barang-barang kecil. Rak kecil ini sebaiknya diletakkan di bagian bawah sehingga mudah terjangkau.



7 komentar:

Posting Komentar