Warna dan Maknanya dalam Interior

Kita telah mengenal warna-warna hangat, dingin, serta netral. Yang tidak kalah penting selanjutnya adalah makna yang dihasilkan dari sebuat warna. Tentunya kita pernah mendengar atau menggunakan warna-warna tertentu sebagai simbol. Misalnya MERAH lambang keberanian, sementara PUTIH itu suci. HITAM itu warna kesedihan seperti halnya warna KUNING adalah warna kematian.

Ya, semua itu bagian dari beberapa faktor yang turut mempengaruhi makna sebuah warna. Setidaknya ada faktor budaya dimana kita hudup dan tinggal, kemudian ada faktor psikologi warna yang ditangkap dan diberi arti oleh pikiran kita. Semua itu memperkaya khasanah makna warna dalam kehidupan kita sehari-hari dan dapat gunakan untuk memberi makna tertentu pada ruang-ruang kita seperti halnya para desainer bermain-main dengan warna.

Sekali lagi makna yang diangkat disini bisa jadi tidak tepat dikenal pada budaya tertentu, misalnya warna putih yang kita beri nilai suci, bisa jadi bermakna kematian pada negara atau budaya lain, namun demikian dalam kajian ini akan mencoba sedikit menggali apa makna warna-warna yang ada dikaitkan dengan faktor budaya ataupun psikologi yang umum dikenal disekitar kita.
WARNA PUTIH
Biasa dikenal sebagai warna suci, memberi arti bersih, luas, lapang. Kejujuran tidak ada yang disembunyikan, terbuka, dan sikap yang polos merupakan arti putih bagi kebanyakan budaya. Warna netral, atau mungkin tanpa warna, seperti hanya warna air jernih yang sering disebut air putih, warna yang siap dipadukan dengan warna-warna lain, dan akan memberikan nuansa kuat bagi warna lain yang disandingkan dengan warna putih ini.
WARNA HITAM
Warna yang sering dikaitkan dengan malam hari, kelam, diam, atau juga dikaitkan dengan laut yang dalam, misteri, jauh. Warna yang sering juga dikaitkan dengan kematian dan kesedihan, dan bahkan bagi sebagian budaya bisa diartikan sesuatu yang negatif dan menakutkan. Hitam juga seperti batuan cadas, kuat, kokoh dan lugas. Warna inni juga akan memberikan nuansa kuat bagi warna lain yang disandingkan dengannya.
WARNA COKLAT
Warna tanah, bumi kita. Pada budaya bertani, warna tanah bisa bermakna warna kehidupan, memberi harapan, warna hangat yang cerah. Di bawah tanah tersimpan beragam kekayaan bumi, warna tanah juga dikaitkan dengan kekayaan, melimpah dan berkecukupan. Kembali ke alam juga sering dikaitkan dengan kuatnya warna coklat.


7 komentar:

Poskan Komentar