Lantai Keramik Pecah? Gampang....

Keramik adalah bahan penutup lantai yang paling banyak digunakan di rumah, mulai dari rumah yang kecil sampai yang berukuran besar. Ini karena keramik mempunyai beragam motif, tekstur, ukuran yang dapat disesuaikan dengan rumah-rumah tersebut, dan harganya cukup murah (tergantung juga jenis keramiknya sih...... hehehe). Namun masalah yang dianggap paling membebani para pemilik rumah dengan lantai keramik ini adalah bila salah satu dari lantai tersebut pecah.

Biasanya bila salah satu keramik lantai di rumah pecah, maka kita akan berpikiran untuk mengganti seluruh lantai. Padahal bila masih bisa mendapatkan jenis keramik yang sama, kita cukup mengganti keramik yang pecah tersebut. Selama cara memasangnya benar maka lantai keramik kita tidak akan tampak cacat.
Cara penggantian keramik sebenarnya sangat mudah, bisa dilakukan oleh siapa saja. Peralatan yang dibutuhkanpun sederhana dan mudah didapat. Untuk lebih jelasnya marilah kita lihat saja langkah-langkah di bawah ini :

1. Alat da bahan yang dibutuhkan :
* Perekat keramik instan (semen instan/mortar)
* Kuas
* Trowel


2. Agar perekat keramik instan dapat merekat dengan baik, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu debu yang menempel pada lantai bekas keramik yang pecah. Untuk melakukan pekerjaan ini kita bisa menggunakan kuas dengan cara seperti menyapu lantai.

3. Setelah lantai bersih segera lapisi dengan perekat keramik instan. Perekat keramik instan ini sebelumnya kita campur dengan air secukupnya, sehingga menjadi seperti adonan kue.

4. Ratakan adukan perekat keramik instan tadi dengan menggunakan trowel. Trowel yang digunakan disini adalah trowel yang bergigi. Penggunaan trowel ini dimaksudka untuk menjaminperekatan yang lebih baik antara keramik dan lantai. Udara yang biasanya terjebak diantara perekat dan keramik akan membuat rongga, yang mengakibatkan keramik tidak dapat merekat dengan baik. Dengan trowel, udara dapat dikeluarkan semuanya. Selain itu perekat yang digunakan akan lebih irit karena trowel menjamin perekatan yang ada hanya 2-3 cm.

5. Segera rekatka keramik di atas perekat yang sudah ditrowel tadi. Tekan-tekan keramik, dan pukul-pukul dengan palu karet agar keramik menempel dengan baik.

6. Langkah terakhir adalah mengisi nat yang kosong sehingga akan terlihat lebih rapi. Dan lantai keramik kita akan kembali bagus seperti semula.
Nah Gampangkan............




41 komentar:

Poskan Komentar