Kapasitas Cahaya Ideal Tingkatkan Kenyamanan

Kebutuhan kapasitas cahaya yang ideal untuk ruangan di dalam rumah agar terasa nyaman adalah 125 lux. Bagaimana dengan ruangan di rumah anda????
Sebuah rumah harus dapat memberikan kenyamanan dan kesehatan bagi orang yang tinggal di dalamnya. Agar nyaman dan sehat, rumah harus didukung oleh sistem penunjang yang baik, termasuk sistem sirkulasi cahaya.


Sirkulasi cahaya yang menyehatkan adalah sirkulasi yang dapat membuat cahaya "lalu lalang" masuk ataupun keluar rumah. Jika jumlah cahaya yang masuk ke ruangan banyak, maka kebutuhan cahaya di ruangan tersebut tercukupi. Contohnya, cahaya yang dihasilkan oleh sinar matahari yang mampu mengusir kelembaban ruangan.

Jendela sebagai jalan Cahaya.
Cahaya yang berasal dari luar dapat masuk ke dalam rumah karena adanya media yang dilalui. Salah satu medianya adalah jendela. Media ini merupakan bagian dari rumah yang sangat penting, karena melalui jendela inilah sinar dari luar dapat masuk ke dalam rumah.
Agar cahaya tersebut dapat masuk, maka pada saat membangun rumah anda harus merencanakan ukuran jendela yang ideal. Jangan membuat jendela dengan ukuran besar, namun mengabaikan segi estetika dan kebutuhan.
Sekarang, coba perhatikan, sudahkah jendela di rumah anda memenuhi kebutuhan ruangan? Menurut Buku Petunjuk Praktikum Rekayasa Lingkungan Fakultas Teknik Atmajaya Yogyakarta, kebutuhan cahaya untuk sebuah ruangan di rumah tinggal adalah 125 lux. Untuk mengecek kapasitas itu, kita perlu menghitungnya berdasarkan luas jendela yang ada.


Hitung Kebutuhan Cahaya.
Dalam menghitung kebutuhan cahaya, banyak faktor yang terkait, diantaranya letak jendela. Hal ini berpengaruh terhadap kekuatan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Normalnya kekuatan cahaya sinar matahari adalah 1500 lux. Sinar ini masuk melalui satu titik pada bidang tegak.

Ada 3 cara menghitung kebutuhan cahaya disebuah ruangan.


Pertama, kita harus menghitung berapa luas jendela yang ada di ruangan tersebut. Jendela yang dihitung adalah semua jendela baik yang berhadapan langsung dengan luar rumah maupun tidak.
Kedua, Hitung berapa nilai perbandingan antara luas jendela dengan luas lantai. Setelah didapat hasilnya, cek apakah nilainya lebih besar dari nilai perbanduingan yang disyaratkan??? Nilai yang disyaratkan adalah 1/12 atau 9%. Bila nilainya dibawah angka tersebut, maka kapasitas cahaya di dalam ruangan tersebut tidak mencukupi.
Ketiga, Hitung berapa kapasitas cahaya di ruangan itu berdasarkan Variable luas jendela. Caranya adalah mengalikan total luas jendela di ruangan dengan kapasitas cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan yang besarnya adalah 1500 lux.
Sekarang bandingkan apakah kapasitas hasil perhitungan itu lebih besar dari kapasitas yang diijinkan. Bila ya, maka kapasitas cahaya di ruangan kita sudah mencukupi.


CONTOH :
Kita ambil sebagai contoh adalah sebuah ruang tidur dengan ukuran 3 x 3 meter dan mempunyai jendela di sisi kanannya dengan ukuran 2 x 1 meter. Apakah ukuran jendela tersebut memenuhi/mencukupi kebutuhan cahaya di ruangan tersebut??? mari kita hitung :
Luas jendela : 2x1 = 2 meter2
Luas ruangan : 3x3 = 9 meter2
Nilai perbandingan (luas jendela/luas ruangan) = 2:9 = 0,22
Karena hasilnya lebih besar daripada nilai perbandingan yang disyaratkan, maka dapat langsung dihitung kebutuhan cahaya ruangan ini.
Kebutuhan cahaya ( 0,22 x 1500 lux ) = 330 lux
Kebutuhan cahaya minimal adalah 125 lux. Dengan demikian, ruang tidur tersebut cahayanya sudah tercukupi dengan adanya jendela berukuran 2 x 1 meter.

Nah, apakah kapasitas cahaya rumah anda sudah mencukupi???




13 komentar:

Poskan Komentar