Cara Mengecat dengan Benar

Untuk mencegah terjadinya Masalah-masalah pada dinding eksterior, Pengecatan harus dilakukan dengan cara yang benar. Dinding baru, yang belum pernah dicat, meniliki pori-pori yang masih kuat menghisap Cat, sehingga penanganannya berbeda dengan dinding yang telah dilapisi cat. Disini akan kita bahas cara mengecat :


Dinding Baru
1. Pastikan permukaan dinding benar-benar kering sebelum dilakukan pengecatan. Waktu pengeringan yang dianjurkan selama 1 bulan, Baru boleh dilakukan pengecatan. Alternatif lainnya pengacian menggunakan semen instan.

2. Kita bisa melakukan cek kelembaban secara manual. Caranya, ambil lembaran plastik bening secukupnya. Lalu tempelkan pada dinding yang akan dicat. Tunggu satu malam. Lihat keesokan harinya, jika di permukaan plastik yang menghadap ke dinding banyak terdapat embun air, tandanya kondisi dinding masih basah atau lembab.

3. Untuk mengurangi kelembaban dan kadar alkali yang tinggi, manambah daya rekat cat, serta untuk mengurangi hasil pengecatan yang tidak rata (lantaran warna cat baru lebih muda dari cat yang lama) sangat disarankan untuk memakai anti alkali primary sealer, baik yang berbahan dasar minyak maupun air.

Dinding Lama
1. Sembuhkan dulu sumber masalah yang ada pada dinding lama, yang bisa menyebabkan dinding menjadi lembab, misalnya dinding yang retak, rembes dan saluran air yang bocor.

2. Jika kondisi cat lama masih bagus (tidak mengelupas, berjamur dan sebagainya), lihat permukaannya, apakah daya rekatnya masih kuat sehingga bisa ditimpa cat baru. Untuk mengeceknya, kita bisa menggoreskan tanda silang di dinding lalu diatasnya dilekatkan isolasi dan tarik kembali isolasi tadi. Bila ada cat lama menempel di isolasi, ini berarti daya rekat cat lama kurang baik sehingga kita harus mengelupas cat lam sebelum dimulai proses pengecatan ulang.

3. Cek juga apakah sudah terjadi proses pengapuran pada cat lama. Caranya usapkan tangan pada dinding. Jika pada telapak tangan terdapat serbuk putih yang halus, maka proses pengapuran sudah terjadi. Bersihkan dinding denganmenggunakan sikat dan air bersih.

4. Jika kondisi cat lama tidak bagus, pengelupasan mutlak dilakukan. Siram dengan air, kerok dengan bantuan kape, kemudian amplas dan bersihkan agar dinding bebas debu, noda lemak dan minyak.

5. Sebelum membubuhkan cat, lapisi dengan alkali killer sealer.




30 komentar:

Poskan Komentar