Cara Merawat Furniture Knockdown

Furniture knockdown dianggap tidak bisa tahan lama. Sebenarnya, dengan penggunaan dan perawatan yang tepat furniture ini dapat awet lebih lama.

Beberapa pembuat furniture ini menyebutkan angka 6 sampai 7 tahun sebagai batas keawetan furniture knockdown. Dan khusus untuk sofa, diperkirakan dapat berumur sekitar 5 tahun. Tentunya angka tersebut berlaku jika furniture tersebut digunakan sesuai dengan fungsinya dan dirawat dengan baik.

Lemari pakain yang memang diperuntukkan untuk menyimpan pakaian, tidak akan tahan lama jika dipergunakan untuk menyimpan buku, karena buku lebih berat daripada pakaian.

Hati-hati Saat Memindahkan.
Saat menata ulang ruangan, kadang-kadang kita ingin memindahkan furnitur yang telah ada ke tempat lain. Hati-hatilah saat memindahkan karena jika salah, bisa merusak sambungan dan menggores lantai. Semua produsen menganjurkan untuk tidak mendorongnya, sebaiknya beri lapisan kardus atau kain pada bagian bawah furnitur.
Beda dengan furnitur jadi yang memang dibuat permanen, furniture knockdown dapat dibongkar pasang berulang kali. Namun furniture knockdown hanya bisa dibongkar pasang maksimal 5 kali. Lebih dari itu akan menimbulkan resiko mengendurnya sambungan antar bagian, khususnya untuk perabot yang terbuat dari bahan particle board.

Jangan Menempel pada Tembok
Karena telah diberi lapisan luar, perawatan furniture knockdown tidak terlalu sulit jika dibandingkan dengan furnitur jadi yang terbuat dari kayu solid. Menghilangkan debu dapat dilakukan dengan menggunakan kain lap yang agak basah.
Ada beberapa mmodel furnitur yang bagian belakangnya tidak diberi pelapis. Jika furniture knockdown seperti itu jangan meletakkan furnitur menempel langsung dinding atau tembok, terutama tembok yang lembab. Kelembaban bisa membuat bagian belakang furnitur berbau dan berjamur.
Umumnya furniture knockdown terbuat dari particle board sebagai bahan baku utama. Bahan ini mudah mengembang jika terendam air. Beberapa merk memang telah melapisi bagian bawah produknya dengan 'sepatu' untuk menghindari kontak langsung dengan air saat mengepel lantai. Namun tetap saja kita tidak boleh membiarkan furnitur kita terendam air lebih dari setengah jam.
Nah tidak sulit bukan?????

MENYIASATI PERMASALAHAN PADA FURNITURE KNOCKDOWN
Sambungan kendur atau lapisan terlepas??? Jangan kuatir, ini ada beberapa tip untuk mengatasi hal tersebut.

1. Lubang sekrup yang sering dibongkar pasang, khususnya pada bahan partikle board, biasanya lama kelamaan akan menjadi longgar. Ini akibat ada serbuk-serbuk yang rontok. Sekrup yang longgar itu dapat dikencangkan dengan bantuan korek api. Lepaskan dulu sekrup dari lubang, lalu masukkan potongan-potongan kecil korek api kedalam lubang tadi. Masukkan sekrup kembali kedalam lubang, kemudian kencangkan. Potongan -potongan kecil korek api tadi akan mengisi rongga-rongga yang kosong sehingga sekrup menjadi kencang kembali.

2. Lapisan di pinggir furnitur kadang-kadang dapat terlepas. jika hal ini terjadi, jangan menggunakan lem untuk menempelkannya kembali. Lem yang berlebihan malah akan luber dan merusak tampilan furnitur. Yang harus dilakukan adalah memanasi permukaan dalam lapisan pinggir tersebut dengan mendekatkannya ke api (tapi awas jangan sampai menyentuh apinya)..... hehehe karena akan terbakar, lem ada dipermukaan akan memuai (ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung) dan lapisan pinggir tadi akan kembali menempel seperti semula. Mudah juga kan????? Selamat mencoba.



15 komentar:

Posting Komentar