Mencari File Ganda dengan Alldup

Berapa banyak file yang secara kita tidak sadar menyimpannya beberapa kali di folder yang berbeda di komputer kita, seperti saya (karena keliatannya sudah mulai pikun... xaxaxxa) sering mendownload file yang sama baik itu lagu, program (tentunya yang freeware... xaxaxaxa) film atau file yang lainnya dari internet dan menyimpan di folder yang berbeda-beda, sehingga lama kelamaan akan membuat harddisk kita penuh.

Untuk menangani file-file ganda tersebut, ada sebuah program yang membantu kita mencarikan untuk kita, dan nantinya dapat kita pilih file mana yang akan kita hapus. Program tersebut adalah AllDup (freeware), aplikasi ini bekerja mencari file-file dalam hard disk kita dan menampilkan hasilnya berupa nama-nama file yang sama yang ditemukan di dua tempat atau lebih.

Untuk memulai proses pencarian, pertama kita tentukan dahulu directory akan kita jelajahi (cari filenya) dengan memberikan tanda centang, centang pilihan subfolder jika kita ingin mencari sampai ke akar-akarnya (subfolder). Klik Start Search untuk memulai pencarian.


Selanjutnya kita tinggal menunggu proses pencarian berjalan (lama tidaknya proses pencarian tergantung susunan folder dan jumlah file dalam directory yang bersangkutan).

Setelah proses pencarian selesai, hasilnya dapat dilihat tersusun secara alfabet. Di sini kita tinggal mencari file-file yang ingin kita hapus (jika kita sudah mengetahui nama file yang dituju, kita bisa memasukan nama file tersebut pada kolom search). Untuk menghapusnya tinggal pilih file yang akan dihapus, klik tombol kanan mouse dan pilih Delete file permanently (file tidak bisa direstore) atau pilih Move file to the Windows Recylce Bin (jika kita ingin merestore-nya nanti).



Demikian seterusnya, kita tinggal pilih file-file lainnya untuk kita hapus. Pastikan kita tahu betul file yang akan kita hapus, dengan melihat posisi folder dan properties file lainnya (yang bisa dilihat dengan menggeser ke kanan). Jika kita ragu dengan file yang dimaksud, sebaiknya jangan dihapus.
Nah, sekarang kita bisa menghemat ruang di hard disk kita dengan menghapus file-file ganda yang tersebar di hard disk dengan lebih cepat.

Selamat mencoba, semoga berguna dan bermanfaat

Untuk mendapatkan porgram Alldup silahkan klik disini



Dapatkan kumpulan Ebook Gratis disini





Image and video hosting by TinyPic


8 komentar:

Posting Komentar