MENGAPA KAMI MEMILIH ISLAM

BAGIAN I

PARA NEGARAWAN DAN DIPLOMAT

1. Al-Haj Lord Headly Al-Farooq (Seorang bangsawan, negarawan dan pengarang)

Mungkin ada kawan-kawan saya yang mengira bahwa saya telah terpengaruh oleh orang-orang Islam. Dugaan itu tidak benar, sebab kepindahan saya kepada Agama Islam adalah timbul dari kesadaran saya sendiri, hasil pemikiran saya sendiri.
Saya telah bertukar pikiran dengan orang2 Islam terpelajar tentang Agama hanya terjadi beberapa minggu yang lalu. Dan perlu saya kemukakan bhw saya sangat bergembira setelah ternyata semua teori dan kesimpulan saya persis seluruhnya cocok dengan Islam.

Kesadaran beragama, sebagaimana yg ditegaskan oleh Al-Quran, harus timbul dari kebebasan memilih dan putusan yang spontan, dan tdk boleh ada paksaan. Mengenai hal ini, Jesus Al-Masih menyatakan pada para pengikutnya : '"dan orang tidak akan dapat menerima kamu atau memperhatikan kata2 kamu, apabila kamu meninggalkan dia." - Injil Markus, IV,2.
Saya banyak mengetahui tentang aliran Protestant yang fanatik, yang berpendapat bahwa kewajiban mereka ialah mendatangi rumah2 orang Katholik Romawi untuk mengusahakan supaya kawan2 se-"kandang"-nya itu bertaubat. Tidak bisa diragukan lagi bahwa tindakan yang menyolok ini, adalah suatu tindakan yang tidak jujur, bahwa setiap jiwa yang murni akan mengutuknya, karena hal itu dapat membangkitkan pertentangan2 yang menodai keluhuran Agama. Maaf saya katakan, bahwa kebanyakan misi MAsehi juga telah mengambil langkah2 yang sama terhadap saudara2nya yang memeluk Agama Islam. Saya tidak habis pikir, mengapa mereka selalu berusaha memurtadkan orang2 yang pada hakekatnya lebih dekat kepada ajaran Jesus yang sebenarnya daripada mereka sendiri?! Saya katakan demikian, sebab dalam hal kebaikan, toleransi dan keleluasaan berfikir dalam akidah Islam lebih dekat kepada ajaran Kristus, daripada ajaran2 sempit dari gereja2 Kristen sendiri.

Sebagai contoh ialah aliran Athnasi yang mengecam akidah Trinity dengan keterangannya yang sangat membingungkan. Aliran ini yang sangat penting dan berperan menentukan dalamsalah satu ajaran pokok dari gereja, menyatakan dengan tegas bahwa dia mewakili ajaran Khatolik, dan kalau kita tidak percaya kepadanya, kita akan celaka selama2nya. Tapi kita diharuskan olehnya supaya percaya kepada akidah Trinity. Dengan lain perkataan, kita diwajibkan beriman kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Agung, kemudian pada waktu yang sama kita diharuskan menutupinya dengan kezhaliman dan kekejaman, seolah2 kita menutupi manusia yang paling jahat. Sedangkan Allah S.W.T. amat jauh dari kemungkinan bisa dibatasi oleh rencana manusia lemah yang mempercayai akidah Trinity atau Tatslist.
Masih ada contoh lagi tentang kemauan berbuat baik. Saya pernah menerima surat - tentang kecenderungan saya kepada Islam - dimana penulisnya menyatakan bahwa apabila saya tidak percaya kepada Ketuhanan Yesus Kristus, saya tidak akan mendapat keselamatan. padahal sola Ketuhanan Yesus itumenurut pendapat saya tidak sepenting soal : "Apakah Yesus Kristus telah menyampaikan risalah Tuhan kepada manusia atau tidak?" Jika saya meragukan soal ini, pastilah pikiran saya akan tergoncang. Akan tetapi Alhamdulillah, saya tidak ragu2 sedikitpun, dan saya harap bahwa kepercayaan saya kepada Yesus dan segala ajarannya tetap kuat seperti keyakinan setiap orang Islam atau setiap pengikut Yesus Kristus. Sebagaimana yang sering saya kemukakan bahwa agama Islam dan agama Kristen yang diajarkan oleh Yesus sendiri, adalah laksana 2 saudara sepuppu. Antara kedua agama itu hanya berbeda dengan adanya dogma2 dan tatacara yang mingkin tidak diperlukan.
Sekarang ini manusia sudah mulai menjurus kepada ketiadaan iman kepada Allh s.w.t manakala mereka diminta supaya percaya kepada dogma2 dan kepercayaan2 yang berpandangan sempit, dan dalam waktu yang bersamaan manusia haus kepada suatu Agama yang dapat berbicara kepada akal dana athifah (sentiment) kemanusiaan.
siapakah yang pernah mendengar bahwa seorang muslim menjadi seorang Atheis? Memang mungkin ada beberapa kejadian, tapi saya sangat meragukannya. Saya tahu ada beribu2 orang pria dan wanita, yang dalam hatinya adalah Muslim, akan tetapi secara biasa mereka tidak beranni mengemukakan isi hatinya secara terang2an, dengan maksud supaya bisa menghindari ganguan2 dan kesulitan2 yang akan dialami kalau mereka menyatakan ke-Islamannya secara terbuka. Justru saya sendiri mengalami yang demikian itu selama 20 tahun dalam keimanan saya secara terang2an yang telah menyebabkan hilangnya fikiran baik dari teman2 saya.
Saya telah menerangkan alasan2 saya, mengapa saya menghormati ajaran2 Islam, dan saya umumkan bahwa saya sendiri telah memeluk Islam lebih baik dari pada sewaktu saya menjadi seorang Kristen. Saya hanya bisa mengharapkan bahwa kawan2 saya mau mengikuti contoh ini yang saya tahu adalah suatu contoh yang sangat baik, yang akan membawa kebahagiaan kepada setiap orang yang memandang langkah hidup saya sebagai suatu kemajuan dan jauh dari bersifat bermusuhan terhadap agama Kristen.

Introduksi : Lord Headly Al-Farooq.
Lord Headly Al-Farooq dilahirkan pada tahun 1855. Beliau adalah seorang bangsawan Inggris, negarawan dan pengarang. Belajar pada Universitas Cambridge dan menjadi seorang bangsawan pada tahun 1877, mengabdikan diri dalam kemiliteran dengan pangkat Kapten, dan terakhir sebagai Letnan Kolonel dalam Batalion IV Infanteri di North Minister Fusilier. Walaupun beliau seorang iinsinyur, beliau berkecimpung juga dalam bidang kesusastraan. Beliau pernah menjabat sebagai redaktur s.k. "salisbury Journal" dan banyak mengarang buku2, dan yang paling terkenal adalah "A. Western Awakening to Islam".
Beliau telah menyatakan ke Islamannya pada tanggal 16 Nopember 1913 dan berganti nama menjadi Syaikh Rahmatullah Al-Farooq. Beliau banyak melakukan perjalanan, dan pernah mengunjungi India pada tahin 1928.

..........................................bersambung


1 komentar:

  • -- Assalamu'alaikum.Wr.Wb --

    Malem,

    Ane Saluut dg perjuangan keras ente utk bisa berpindah keyakinan ke dalam agama ISLAM :)
    Alhamdullillah ente telah mendapatkan hidayah dari ALLAH SWT...

    Selamat menempuh hidup baru yg jauh lebih Baik, Cerah & Berbahagia Ya..! Semoga ALLAH SWT akan senantiasa membimbing kita semua kedalam jalan yg benar & di ridhoinya, agar kita bisa memperoleh kebahagiaan di alam dunia & kebahagiaan yg abadi di akhirat kelak...Amiiin Ya Allah..

    From:
    hidayat64@gmail.com

    -- Wassalam --

    1:32 AM

Posting Komentar