CARA MEMPERCANTIK TAMPILAN AUTOCAD 2

Sambungan.....

2. Mengganti Warna Elemen AutoCad
Selain mengganti warna layar, kita juga dapat mengganti warna elemen lain di dalam jendela AutoCad, misalnya warna crosshair, teks, baris perintah, tooltip dsb. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Berikan perintah OPTIONS atau OP.
  • Pada kotak dialog options yang muncul, klik tab Display, lalu klik Color dalam area Window Element.
  • Pada kotak daftar Interface Element, pilih elemen yang ingin diubah warnanya misalkan crosshair, drawing tooltip, atau lainnya.
  • Bukalah drop down color, lalu pilih warna yang kita inginkan.
  • Klik tombol Apply & Close, lalu klik OK pada kotak dialog Options.
3. Mereset Seting Warna AutoCad

Setelah bereksperimen dengan mengganti ganti warna layar maupun warna elemen AutoCad lainnya, mungkin kita ingin kembali keseting awal. Dalam hal ini, kita tidak perlu mengembalikan warna setiap elemen secara satu persatu sebagaimana saat kita menggantinya pertama kali tadi. Dengan satu langkah, seting warna element AutoCad akan langsung kembali pada posisi default. Caranya :
  • Buka kotak dialog Drawing Window Color. Caranya dapat kita lihat pada no.1 dan no.2.
  • klik tombol Restore Current Element, atau Restore Current Context, atau Restore All Context.
  • Klik tombol Apply & Close.
Berikut penjelsan masing masing tombol :

Restore Current Element : mengembalikan warna Interface Element terpilih pada warna default. Warna elemen lain yang tidak dipilih tetap dipertahankan.

Restore Current Context : mengembalikan warna semua elemen dalam contex terpilih pada warna default. Warna elemen pada context lain tidak ikut diubah.

Restore All Context : mengembalikan semua warna elemen dalam semua context pada warna default.


4. Mengubah Ukuran Autosnap Marker
Autosnap marker adalah suatu simbol geometrik yang melambangkan modus osnap tertentu saat osnap tersebut bekerja. Contohnya adalah marker Endpoint yang berbentuk bujur sangkar, dan muncul saat crosshair menyentuh garis, atau busur.
Adakalanya kita menginginkan ukuran marker diperbesar atau diperkecil untuk disesuaikan dengan lingkungan gambar saat ini. Berikut cara mengubah ukuran marker :
  • Buka kotak dialog OPTIONS lalu klik tab drafting
......bersambung


2 komentar:

Posting Komentar